Selasa, 07 Januari 2014

Mengapa Radio Am Semakin Ditinggalkan ?

“Ganti dong radionya..yang 97,7 fm aja, acaranya asik-asik..” Seperti itulah yang kita lakukan ketika kita ingin memilih radio favorit, yaitu dengan menyebutkan angka dan jenis modulasinya (fm). Banyak orang yang sudah memilih saluran radio Fm untuk mendengarkan acara kesukaan mereka, baik itu program news atau musik. Bahkan teknologi radio saat ini sudah meninggalkan pencarian radio Am dan hanya menyediakan pencarian radio Fm.

Namun, kenapa banyak stasiun radio yang beralih ke Radio Fm ? Mengapa radio Am semakin ditinggalkan ? Jawabannya simple, hal ini disebabkan Radio Am memiliki karakter kualitas suara yang buruk (mono) dan mudah terganggu bila cuaca buruk. Beda dengan Radio FM yang memiliki kualitas suara yang lebih jernih (stereo) dan bisa mengurangi gangguan yang disebabkan oleh cuaca buruk, sehingga stasiun radio yang menggunakan teknologi Fm mampu mengudara dengan lancar dan memberikan kepuasan suara yang bagus kepada pendengar.

Meskipun peralihan dari Am ke Fm memakan biaya yang besar, seperti penggantian transmiter dan receiver, radio yang tidak melakukan perubahan dalam pelayanan dan kualitas suara tentu akan semakin ditinggalkan oleh pendengarnya. Dan itu merupakan kerugian yang sangat besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar